Rabu, 12 Desember 2018

Komponen komputer




Ø  INPUT DEVICE
Perangkat masukan atau input device adalah perangkat keras yang berguna untuk memasukkan data atau perintah ke dalam komputer. Alat input tidak bisa bekerja tanpa adanya software atau perangkat lunak. Ada dua jenis perangkat masukan yaitu peralatan input langsung (langsung diproses. Contoh: keyboard dan mouse) dan peralatan input tidak langsung (harus melalui media tertentu. Contoh: harddisk dan flashdisk).
1. Keyboard

Keyboard (papan ketik) adalah perangkat keras yang penuh dengan tombol-tombol yang mewakili hurup, angka, karakter, dan beberapa fungsi tertentu. Keyboard komputer tentu saja berbeda jauh dengan keyboard (alat musik) yang hanya berisi beberapa tombol putih dan hitam yang mewakili nada tertentu. Terkadang keyboard juga dilengkapi dengan trackpad untuk menggerakkan kursor. Kombinasi beberapa tombol keyboard juga berguna untuk memberi suatu perintah shortcut pada komputer. Contohnya shortcut Ctrl+C yang berfungsi untuk memberi perintah copy (salin) pada komputer.

2. Mouse

 Mouse (tetikus) adalah perangkat keras yang mudah digenggam, umumnya berisi dua tombol dan sebuah bola atau laser dibawahnya untuk menggerakan kursor (pointer). Fungsi mouse adalah untuk menggerakan kursor, melakukan scroll (tidak semua mouse), klik kiri, dan klik kanan. Gerakan kursor dalam keadaan default selalu mengikuti arah perpindahan mouse.

3. Webcam

Webcam adalah perangkat keras berupa kamera kecil yang biasa ditempatkan di atas monitor/LCD. Fungsi webcam adalah untuk melakukan video call (panggilan video) dan bahkan juga dapat digunakan untuk ber-selfie di depan komputer. Hampir setiap laptop keluaran saat ini telah memiliki web cam.

4. Barcode Scanner

Barcode scanner adalah alat yang berupa gagangan dan berisi laser berwarna merah untuk memindai barcode. Fungsinya adalah untuk memindai barcode. Barcode adalah kode garis-garis yang biasa terdapat di kemasan sebuah produk swalayan atau gudang perusahaan. Tujuannya adalah untuk mempermudah kasir menghitung total belanjaan dan mempermudah karyawan untuk mengecek isi gudang.

5. Joystick

Joystick adalah perangkat keras berbentuk seperti tuas gigi mobil atau seperti stick konsol. Fungsi joystick adalah untuk bermain game atau permainan pada komputer. Stick Xbox bisa digunakan sebagai joystick pada komputer Windows karena sama-sama buatan Microsoft.

6. Scanner

Scanner adalah perangkat keras yang berfungsi untuk mengubah data analog (kertas) menjadi data digital. Scanner yang dikombinasikan dengan printer akan menjadi mesin fotocopy berukuran kecil. Hasil scan biasanya berupa gambar atau file PDF.

7. Mikrofon

 Microphone adalah perangkat keras yang dapat mengubah suara analog menjadi suara digital. Fungsi mikrofon adalah untuk merekam suara. Alat ini biasa digunakan saat konferensi atau saat melakukan video call.

8. Pemindai Sidik Jari

Pemindai sidik jari atau fingerprint scanner adalah perangkat keras yang dapat memindai sidik jari dan menampilkannya di komputer. Pemindai sidik jari biasanya berfungsi sebagai alat pengaman komputer atau sebagai salah satu mesin absensi.

9. Kinect

Kinect adalah salah satu merek dagang Microsoft berupa sensor gerakan. Bentuknya mirip seperti webcam namun memiliki fungsi yang lebih canggih lagi. Perangkat ini biasa digunakan untuk bermain game.

10. Flashdisk/CD ROM/DVD ROM/Harddisk External

Perangkat penyimpanan diatas merupakan perangkat masukan tidak langsung. Fungsinya sebagai perangkat masukan adalah untuk memasukan data ke komputer. Data ini tidak dapat langsung digunakan tanpa software tertentu.

https://hedisasrawan.blogspot.com/2015/05/10-macam-input-device-perangkat-masukan.html






Ø OUTPUT DEVICE

    Output Device, adalah perangkat komputer yang berguna untuk menghasilkan keluaran, apakah itu ke kertas (hardcopy), ke layar monitor (softcopy) atau keluaran berupa suara. Contohnya printer, speaker, plotter, monitor dan banyak yang lainnya.
Dari penjelasan diatas dapat kita simpulkan bahwa
prinsip kerja komputer tersebut diawali memasukkan data dari perangkat input, lalu data tersebut diolah sedemikian rupa oleh CPU sesuai yang kita inginkan dan data yang telah diolah tadi disimpan dalam memori komputer atau disk. Data yang disimpan dapat kita lihat hasilnya melalui perangkat keluaran.

     Output yang dihasilkan dari pemroses dapat digolongkan menjadi empat bentuk, yaitu tulisan (huruf, angka, simbol khusus), image (dalam bentuk grafik atau gambar), suara, dan bentuk lain yang dapat dibaca oleh mesin (machine-readable form). Tiga golongan pertama adalah output yang dapat digunakan langsung oleh manusia, sedangkan golongan terakhir biasanya digunakan sebagai input untuk proses selanjutnya dari komputer.

Peralatan output dapat berupa:
Hard-copy device, yaitu alat yang digunakan untuk mencetak tulisan dan image pada media keras seperti kertas atau film.
Soft-copy device, yaitu alat yang digunakan untuk menampilkan tulisan dan image pada media lunak yang berupa sinyal elektronik.
Drive device atau driver, yaitu alat yang digunakan untuk merekam simbol dalam bentuk yang hanya dapat dibaca oleh mesin pada media seperti magnetic disk atau magnetic tape. Alat ini berfungsi ganda, sebagai alat output dan juga sebagai alat input.

Output bentuk pertama sifatnya adalah permanen dan lebih portable (dapat dilepas dari alat outputnya dan dapat dibawa ke mana-mana). Alat yang umum digunakan untuk ini adalah printer, plotter, dan alat microfilm. Sedangkan output bentuk kedua dapat berupa video display, flat panel, dan speaker. Dan alat output bentuk ketiga yang menggunakan media magnetic disk adalah disk drive, dan yang menggunakan media magnetic tape adalah tape drive.

1.MONITOR
 Layar monitor juga disebut computer display, visual display unit, atau monitor saja. Monitor adalah peralatan yang berfungsi menampilkan gambar-gambar yang bisa dilihat, yang dihasilkan oleh komputer tanpa merekamnya.
Layar monitor saat ini lazimnya ditampilkan dalam dua buah bentuk, yaitu CRT (cathode ray tube) atau Flat Panel seperti monitor TFT LCD.
Nama monitor CRT berasal dari nama tabung yang terdapat di monitor. Bagian belakang tabung tersebut memiliki katoda yang dimuati muatan negatif. Penembak elektron mengeluarkan elektron ke bawah tabung kelayar yang bermuatan listrik yang akan memendarkan cahaya jika dikenai elektron.Tiap kluster di layar memiliki tiga warna, tiap satu warna disebut satu piksel.

Gambar di layar monitor biasanya terbuat dari 10% titik-titik kecil yang berpendar sesuai dengan perintah dari komputer. Semakin dekat jarak pikselnya akan semakin tajam gambar yang dihasilkan. Jarak antar piksel yang terdapat di monitor disebut dot pitch, satuannya adalah milimeter. Kebanyakan monitor CRT memiliki dot pitch sebesar 0,28 mm atau kurang. Adapun monitor LCD adalah monitor yang tipis, dan ter-susun dari beberapa piksel warna atau piksel monokrom yang dibariskan di depan sumber cahaya atau reflektor.

LCD sangat terkenal karena hemat energi dan sedikit memakan tempat. Karena kehematannya, LCD bisa digunakan hanya dengan sumber daya baterai.
hasil pemrosesan data ataupun informasi masukan. Monitor memiliki berbagai ukuran layar seperti layaknya sebuah televisi.
Tiap merek dan ukuran monitor memiliki tingkat resolusi yang berbeda.
Resolusi ini lah yang akan menentukan ketajaman gambar yang dapat ditampilkan pada layar
monitor. Jenis-jenis monitor saat ini sudah sangat beragam, mulai dari bentuk yang besar dengan layar cembung, sampai dengan bentuk yang tipis dengan layar datar (flat).

2.PRINT
 Printer atau pencetak adalah alat yang menampilkan data dalam bentuk cetakan, baik berupa teks maupun gambar/grafik, di atas kertas. Printer biasanya terbagi atas beberapa bagian, yaitu picker sebagai alat mengambil kertas dari tray.
Tray ialah tempat menaruh kertas. Tinta atau toner adalah alat pencetak sesungguhnya, karena ada sesuatu yang disebut tinta atau toner yang digunakan untuk menulis pada kertas.
Perbedaan toner dan tinta ialah perbedaan sistem; toner atau laser butuh pemanasan, sedangkan tinta atau inkjet tak butuh pemanasan, hanya pembersihan atau cleaning pada print-head printer tersebut.
Ada pula kabel fleksibel untuk pengiriman sinyal dari prosesor printer ke tinta atau toner. Kabel ini tipis dan fleksibel, namun kuat. Pada bagian belakang printer biasanya ada port paralel atau USB untuk penghubung ke komputer.
Pencetak modem merupakan alat canggih. Perkakasan elektronik yang terdapat dalam sebuah pencetak sama dengan perkakasan elektronik yang terdapat dalam komputer itu sendiri. Pencetak mempunyai 6 jenis yaitu jenis Dot-Matrix, jenis Daisy Wheel, jenis Ink-Jet / jenis Bubble Jet, jenis Chain, jenis Drum dan jenis Laser.


3.SPEAKER
Fungsi speaker pada komputer sama dengan fungsi speaker pada perangkat audio sistem. Yang membedakan secara garis besar hanyalah pada ukurannya. Speaker pada komputer dibuat seefisien mungkin agar tidak terlalu memerlukan banyak tempat. Namun pada pengguna tertentu terkadang menghubungkan output sound mereka pada perangkat speaker lainnya untuk lebih memberikan kepuasan yang lebih.

4.PLOTTER
Plotter secara prinsip memiliki fungsi yang sama dengan printer. Yang membedakan secara umum adalah ukuran dan peruntukan dari plotter tersebut. Plotter mampu mencetak pada kertas dengan ukuran A0, dan biasanya digunakan untuk mencetak peta dan gambar ukuran besar lainnya.Plotter juga mengalami perkembangan yang cukup pesat, yang dimulai hanya dengan menggunakan pena sebagai alat cetak, hingga saat ini telah menggunakan inkjet dan bubuk tinta (Laserjet)

5.HEADPHONE

 Fungsi headphone sama dengan fungsi speaker. Yang membedakan secara garis besar hanyalah pada ukurannya. Headphone dibuat seefisien mungkin agar tidak terlalu memerlukan banyak tempat.


Ø  STORAGE DEVICE
Storage devices pada sistem komputer adalah kata lain dari secondary storage. Fungsinya untuk menyimpan data dan sistem operasi. Hard disk merupakan salah satu media penyimpan data pada komputer yang terdiri dari kumpulan piringan magnetis yang keras dan berputar, serta komponen-komponen elektronik lainnya.
Macam - Macam Storage Device  

1.    Floppy Disc

Floppy Disk Drive yaitu suatu perangkat yang ada di dalam komputer sebagai asesoris dan pelengkap yang dapat menyimpan data di dalam disket dengan kapasitas rendah. Selain dapat menyimpan data didalam disket floppy disk juga dapat untuk booting computer, di dalam computer terdapat maximal dua floppy disk yaitu flopy “A” dan flopy “B” tetapi biasanya yang terpasang hanya flopy “A “ saja karena kegunaan sangat terbatas.

2.   Zip drive

Zip drive adalah salah satu media penyimpanan yang menggantikan floppy disk untuk kebutuhan akan kapasitas penyimpanan yang lebih besar. ZIP drive memiliki kapasitas penyimpanan yang tinggi, bersifat dapat dihapus (removable) dan dapat menyimpan 100 MB data. Akan tetapi Zip drive ini tidak bisa membaca/menulis tipe floppy disk sebelumnya (5 ¼ inch dan 3 ½ inch). 


3.   Magnetic Tape

Magnetic Tape Suatu media perekam terdiri dari tape yang tipis dengan lapisan bahan magnetis yang bagus, digunakan untuk merekam data analog atau data digital. Data disimpan dalam frame. Frame dikelompokkan ke dalam blok atau record terpisah. Magnetic tape adalah suatu media akses serial, serupa untuk kaset audio, dan juga data (seperti nyanyian pada tape musik) tidak bisa ditempatkan dengan cepat.


4.   Hard Disc
Hard disk merupakan salah satu media penyimpan data pada komputer yang terdiri dari kumpulan piringan magnetis yang keras dan berputar, serta komponen-komponen elektronik lainnya. Hard disk menggunakan piringan datar yang disebut dengan platter, yang pada kedua sisinya dilapisi dengan suatu material yang dirancang agar bisa menyimpan informasi secara magnetis.Platter-platter tersebut disusun dengan melubangi tengahnya dan disusun pada suatu spindle. Platter berputar dengan kecepatan yang sangat tinggi yang dikendalikan oleh spindle motor yang terhubung pada spindle. Alat elektromagnetik baca tulis khusus yang bernama head terpasang pada slider dan digunakan untuk menyimpan informasi ke dalam piringan atau membacanya.


5.    Compact Disc (CD ROM)

CD-ROM (singkatan dari Compact Disc – Read Only Memory) adalah sebuah piringan kompak dari jenis piringan optik (optical disc) yang dapat menyimpan data. Ukuran data yang dapat disimpan saat ini bisa mencapai 700MB atau 700 juta bita.CD-ROM bersifat read only (hanya dapat dibaca, dan tidak dapat ditulisi). Untuk dapat membaca isi CD-ROM, alat utama yang diperlukan adalah CD Drive. Perkembangan CD-ROM terkini memungkinkan CD dapat ditulisi berulang kali (Re Write / RW) yang lebih dikenal dengan nama CD-RW.

    6. Flash Disc

            USB flash drive adalah alat penyimpanan data memori flash tipe NAND yang memiliki alat penghubung USB yang terintegrasi. Flash drive ini biasanya berukuran kecil, ringan, serta bisa dibaca dan ditulisi dengan mudah.USB flash drive memiliki banyak kelebihan dibandingkan alat penyimpanan data lainnya, khususnya disket atau cakram padat. Alat ini lebih cepat, kecil, dengan kapasitas lebih besar, serta lebih dapat diandalkan (karena tidak memiliki bagian yang bergerak) daripada disket.


7.   SSD 

 SSD yang merupakan singkatan dari solid-state drive, adalah media penyimpanan data yang menggunakan memori (nonvolatile memory) sebagai media, dan tidak menggunakan disk magnetis seperti disk hardisk konvensional. Berbeda dengan memori (volatile memory) (misalnya RAM), data yang tersimpan pada SSD tidak akan hilang meskipun daya listrik tidak ada. SSD ini lebih mirip seperti memori pada HP yaitu micro SD dan kawan-kawannya. Hanya saja bentuk san kapasitasnya yang membesar.

8.   SSHD 

            SSHD adala inovasi menggabungkan SSD dan HDD menjadi satu perangkat. Tujuan utamanya adalah menekan harga mahalnya SSD dan meningkatkan kecepatan baca HDD. Jadi SSHD ini memiliki kecepatan seperti SSD namun memiliki keleluasaan ruang seluas HDD. Perangkat ini di tujukan untuk kamu yang memiliki budget terbatas untuk upgrade HDD ke SSD. 







https://dtechnoindo.blogspot.com/2016/09/pengertian-dan-macam-macam-storage.html



Ø  SOFTWARE
Software atau parangkat lunak adalah program komputer yang merupakan suatuinstruksi yang harus diberikan kepada unit pengolah agar komputer dapatmenjalankan pekerjaan sesuai dengan yang dikehendaki.Program tersebut ditulisdalam bahasa khusus yang dimengerti oleh mesin.Perangkat lunak dalampenggunaannya dapat diklasifikasikan menjadi 5 macam, Yaitu:
1. Sistem operasi (Operasi system)

2. Program Utilitas (utilities Program)
3. Program Aplikasi (Aplikasi Program)
4. Program paket (Package Program)
5. Bahana pemprograman (Programming Language)

Beberapa perusahaan yang ikut bergabung untuk membentuk standar dan teknikuntuk dunia komputer mikro yang dikenal ISA (Industry Standard Architecture)maupun EISA (Enhanched Industry Standard Architecture) antara lain:

1. COMPAQ Computer
2. Advanced Logic Research (ALR)
3. AST Research
4. EPSON Amerika
5. Everex Systems
6. Hewlett Packard
7. Olivetti
8. Micronics
9. Nippon Electric Corporation (NEC)
10. TANDY Computers
11. WYSE Tevhnology
12. Zenith Corporation

Ada beberapa jenis perangkat lunak, antara lain:

1. Software system

Perangkat lunak system dibagi dalam 3 bagian:

a. Sistem operasi
Perangkat sistem operasi merupakan bagian terpenting di dalam menjalankan suatuperangkat komputer. Sistem operasi merupakan perangkat lunak yang menjembataniantara pengguna dan perangkat keras. Ada beberapa jenis sistem operasi diantaranya Windows, DOS, Linux, dan lain sebagainya. Saat ini untuk komputer jenis PC banyak menggunakan sistem operasi Windows

b. Program Bantu (utility)
Merupakan suatu program yang berfungsi untuk membantu sistem operasi seperti yang dijelaskan di atas,seperti:anti virus, defragmenter, format disket,periksasistem, dan sebagainya.

c. Bahasa Pemrograman
Merupakan suatu aplikasi yang berguna mengonversi perhitungan yang bersifatmatematis menjadi suatu aplikasi.Sebagai contoh bahasa pemrograman bahasaBASIC, COBOL. C++ dan sebagainya.

2. Perangkat lunak aplikasi

Merupakan perangkat yang berfungsi untuk melakukan berbagai bentuk tugasperkantoran seperti pengolah kata, lembar kerja, presentasi, pengolahan halamanweb, hingga perangkat media player,dan sebagainya. Hal ini sudah berkembang sejaksistem operasi tersebut dikembangkan.

Software Aplikasi dapat dikelompokkan dalam beberapa bagian, yaitu:

a. Pengolahan kata (word Processor)
Berfungsi untuk melakukan pengolahan kata,yaitu pekerjaan yang berhubungandengan naskah dan berbagai macam administrasi surat-menyurat.
Contoh: Wordstar,Microsoft Word, Amipro, Word Perfect.

b. Pengolah Angka (Spread Sheet)
Berfungsi untuk melakukan pekerjaan yang banyak berhubungan dengan angka-angka,seperti penggunaan perhitungan, laporan keuangan, dan grafik.
Contoh:Lotus 123,Quatro Pro, Microsoft Excel, Symphony, Super Calc.

c. Pengolah data (Data base)
Berfungsi untuk melakukan pengolahan data.Data tersebut dapat berupa angka, kataatau gabungan angka dan kata.
Contoh:dBase, Fox Base, Fox Pro, Clipper, MicrosoftAccess, Visual Fox Pro, Paradox dan lain sebagainya.

d. Multimedia
Contoh aplikasi multimedia adalah Winamp, Audio Pro untuk memutar musikberformat MP3 atau CD Audio.Kemudian RealPlayer, Xing, atau Jet Audio yang dapatdigunakan untuk menonton film atau VCD.

e. Komunikasi dan Internet
Untuk melakukan komunikasi antar computer antara dua computer ataulebih,contohnya adalah Lap Link, PC Anywhere, Procom Plus.Aplikasi internet yangumum digunakan adalah untuk browsing, e-mail, chatting dan messengerseperti:Internet Explorer, Opera, MIRC, ICQ.

f. Pendidikan dan Game
Software untuk membantu memahami sesuatu pelajaran banyak dikemas dalambentuk game dengan tujuan agar tidak membosankan, contohnya adalah:PC Globe,Bodyworks, Science Adventure, Reader Rabbit, dan lain-lain.

g. Perancangan Gambar
Aplikasi yang bersifat khusus di antaranya untuk membantu pekerjaan Engineerseperti AutoCAD (gambar struktur), Protel (gambar rangkaian elektronik), Matlab(pemroses dan visualisasi persamaan matematis), Photos Shop (mengolah gambar),dan Flash (untuk membuat halaman WEB), dan lainnya.

h. Anti Virus
Software untuk membasmi virus dari perangkat penyimpan computer, contoh:Mc Afee, Norton Anti Virus, Panda, dan lainnya.Virus adalah software yang dibuat untuk merusak data atau program computer, contohnya adalah:PC Brain,Hackers, My Heart, Pepsin,Bagle, MyDoom dan lainnya.


Ø  SYSTEM UNIT
System Unit merujuk kepada perangkat keras komputer yang memahami dan melaksanakan perintah dan data dari perangkat lunak. Adapun komponen dari system unit tersebut adalah sebagai berikut :

  1.      Motherboard

 Motherboard atau mainboard merupakan papan utama tempat komponen-komponen dan chip controller berada. Pada motherboard juga terdapat slot ekspansi sebagai tempat memasang komponen yang dapat dilepas (berbentuk kartu) seperti VGA card, sound  card, dll. Adanya slot – slot pada motherboard bertujuan agar pemakai dapat melakukan penambahan komponen sesuai dengan kebutuhannya atau upgrade. Jenis-jenis slot tersebut adalah sebagai berikut:

-Slot ISA (Industry Standard Architecture)

Slot ISA dapat digunakan untuk jenis card ISA 8 bit dan 16 bit.

-Slot PCI (Peripheral Component Interconnect)

Slot PCI dapat digunakan untuk jenis card PCI 32 bit.

-Slot AGP (Accelerated Graphic Port)

Digunakan khusus untuk card VGA 32 bit.


2.      Prossesor

Prossesor merupakan otak dan pusat pengendali komputer yg terhubung ke komponen lain sehingga dapat bekerja satu dengan yang lainnya.

Adapun tugas prosesor antara lain:
1.  Melaksanakan perintah – perintah yang diberikan oleh software
2.  Mengontrol kerja sistem
3.  Merespon sinyal – sinyal yang diberikan oleh perangkat input
4.  Melakukan operasi/perhitungan aritmatik dan logika.
Prosesor terdiri dari 2 bagian utama, yaitu Arithmatic Logic Unit (ALU) dan Control Unit CU).
v  Arithmatic Logic Unit (ALU)
ALU berfungsi untuk melaksanakan proses perhitungan aritmatik dan logika.
v  Control Unit (CU)
Control Unit berfungsi untuk mengatur proses kerja komputer. Baik proses kerja di dalam CPU sendiri maupun dalam hubungannya dengan input – output device. Bagian ini mengatur dan mengendalikan proses agar komputer bekerja secara benar dan tepat.
3.      Heatsink

Pada bagian atas prosesor biasanya dipasangi hetasink, yang berisi alumunium dan kipas (dan juga thermal grease). Fungsinya agar suhu prosesor tetap stabil. Jika hetasink mati, maka prosesor akan overheat sampai bersuhu ≤100°C.
4.      RAM (Random Access Memory)

RAM merupakan media penyimpan data yang bersifat sementara dan dapat diganti selama komputer menyala. Fungsi RAM juga sebagai penambah kecepatan akses komputer, semakin besar kapasitas penyimpanan RAM semakin cepat komputer bekerja.

Struktur RAM terbagi menjadi empat bagian utama, yaitu :
a.       Input Storage, digunakan untuk menampung informasi/perintah yang dimasukkan melalui alat input.
b.      Program Storage, digunakan untuk menyimpan semua instruksi –  instruksi program yang akan diakses (processes).
c.       Working Storage, digunakan untuk menyimpan data yang akan diolah dan hasil pengolahan.
d.      Output Storage, digunakan untuk menampung hasil akhir dari pengolahan data yang akan ditampilkan ke alat output.


5.      VGA Card

 
VGA Card berfungsi untuk menghubungkan dan mengolah  output yang berupa data  ke monitor,  agar  dapat  ditampilkan  oleh  monitor.  Peningkatan  kualitas  CPU  secara keseluruhan  juga  amat  bergantung  kepada  jenis  VGA  card  yang  digunakan.  Jika komputer  hanya  digunakan sebatas  dokumen  pengolahan  data,  operasi  pada spreadsheet atau  untuk “surfing”  internet, jenis dan kualitas VGA  yang “biasa-biasa saja”  sudah  memadai.  Tetapi  jika  komputer  banyak  digunakan  untuk  aplikasi  3D berat  atau  bermain  game  dengan  kualitas  gambar  yang  tinggi,  maka  kualitas  VGA card mutlak diperlukan.  Contoh merek VGA card adalah  nVIDIA,  ATI Radeon,  dan Gigabyte.
6.      Sound Card

Sound  card  berfungsi  untuk  memproses  output  berupa  suara  dan  musik  yang kemudian  diteruskan  kepada  speaker.  Sound  card  juga  dapat  digunakan  sebagai alat input  untuk  joystick  yang  digunakan  untuk  bermain  game.  Perkembangan sound  card  juga semakin  berkembang  dari  tahun  ke  tahun.  Saat  ini  sound  card bukan  hanya  digunakan  untuk  bermain  game,  tetapi  juga  menyemarakkan aplikasi-aplikasi  multimedia,  seperti  ensiklopedia,  program  pendidikan  dan pengajaran  dan  program  presentasi.  Bahkan  saat  ini  sound  card  dapat dimanfaatkan  untuk  penggunaan  komunikasi  seperti  telepon  VoIP  (Voice  over Internet  Protocol),  Teleconverencing  dan  lain-lain.  Secara  umum,  pemilihan sound  card  bergantung  pada  kemampuan  pemrosesan  suara  (16  bit  atau  32  bit), jenis  suara  (analog  atau  digital)  dan  support  terhadap  speaker  (stereo  atau surround).



7.      LAN Card
Kartu Jaringan atau disebut dengan istilah NIC (Network Interface Card) atau LAN Card atau Etherned Card merupakan perangkat yang menyediakan media untuk menghubungkan antar komputer. Kebanyakan Kartu Jaringan berjenis kartu internal, yaitu kartu jaringan yang di pasang pada slot ekspansi di dalam komputer.

Network Interface Card (NIC) / Kartu Jaringan memiliki dua fungsi utama , yaitu:
a. Peranti yang menyambungkan kabel jaringan dengan komputer.
b. Peranti yang menyediakan pengalamatan secara fisik. Artinya kartu jaringan memiliki kode tertentu yang unik.

            Kartu jaringan merupakan salah satu perangkat jaringan yang bekerja pada layer Physical dan Data Link, yang menghubungkan komputer dengan perangkat jaringan lainnya yang umumnya berupa Switch LAN. Kartu LAN ini dikoneksikan ke Switch melalui media kabel jaringan, yang umum sekarang ini adalah kabel UTP (Unshielded Twisted Pair).
8.      Power Supply
Power Supply berfungsi untuk menyalurkan listrik ke peralatan komputer  yang ada di dalam casing. Power Supply memiliki 5 atau lebih konektor yang  dapat disambungkan ke peralatan komputer.  untuk Power Supply jenis AT mempunyai 2 konektor (12 kabel, 6 kabel untuk 1 konektor P8 dan 6 kabel untuk 1 konektor P9), untuk jenis ATX mempunyai 20 kabel untuk 1 konektor yang akan ditancapkan pada motherboard. Power Supply jenis ATX tombol on/off nya dikendalikan langsung dari  motherboard menggunakan tombol Power yang terdapat pada panel depan casing.

9.      Optical Disc Drive
Optical drive biasa juga dikenal dengan nama CD Drive, DVD Drive atau ODD. Fungsi dari perangkat ini adalah untuk membaca dan juga menyimpan data dari dan ke media cakram optik seperti CD , DVD, atau Blu-Ray Disc.
10.  HardDisk
 Harddisk merupakan media penyimpanan data permanen utama pada komputer dengan kapasitas besar yaitu mulai dari 30 GB s/d 1 TB (Tera Byte,1 TB = 1000 GB)  atau lebih. Harddisk memiliki piringan metal dilapisi dengan bahan yang memungkinkan data dapat disimpan dalam bentuk titik-titik bermagnet. Harddisk terdiri dari  interface SATA (Serial Advanced Technology Attachment) / ATA (Advanced Technology Attachment) port yang berfungsi untuk menghubungkan harddisk ke Motherboard yang berguna untuk mengkontrol harddisk dan aliran data; port power yang berfungsi untuk membuat harddisk bekerja; sebuah PCB tunggal yang berisi chip dan transistor kecil berfungsi untuk mengkontrol harddisk secara dasar (rangkaian penguat, DSP [Digital Signal Processor]), juga berisi buffer; head baca tulis yang berguna untuk membaca atau menulis data pada platter, yang mengambang pada platter karena perputaran platter dan jika platter berhenti mendadak maka head akan menggores  platter; spindle yang berguna untuk memutar platter dengan kecepatan 3600~10000 rpm; dan platter yang berfungsi untuk menyimpan data. Tiap platter memiliki 2 sisi head, yaitu sisi 0 dan sisi 1. Setiap head dibagi menjadi lingkaran konsentris yang disebut track. Kumpulan track  yang sama dari seluruh head yang ada disebut cylinder. Setiap track dibagi lagi menjadi daerah  –daerah yang lebih kecil yang disebut sector (1 sector = 512 byte informasi). Seperti barang elektronik lainnya, harddisk mempunyai umur pakai, yaitu sekitar 3~5 tahun, jadi sebelum harddisk mencapai umur di atas sebaiknya Anda membackup data ke media penyimpanan lain.

11.  Port USB (Universal Serial Bus)
 Universal Serial Bus (USB) adalah standar bus serial untuk perangkat penghubung, biasanya kepada komputer namun juga digunakan di peralatan lainnya seperti konsol permainan, ponsel dan PDA. Sistem USB mempunyai desain yang asimetris, yang terdiri dari pengontrol host dan beberapa peralatan terhubung yang berbentuk pohon dengan menggunakan peralatan hub yang khusus. Desain USB ditujukan untuk menghilangkan perlunya penambahan expansion card ke ISA komputer atau bus PCI, dan memperbaiki kemampuan plug-and-play (pasang-dan-mainkan) dengan memperbolehkan peralatan-peralatan ditukar atau ditambah ke sistem tanpa perlu mereboot komputer. Ketika USB dipasang, ia langsung dikenal sistem komputer dan memroses device driver yang diperlukan untuk menjalankannya. USB dapat menghubungkan peralatan tambahan komputer seperti mouse, keyboard, pemindai gambar, kamera digital, printer, hard disk, dan komponen networking. USB kini telah menjadi standar bagi peralatan multimedia seperti pemindai gambar (scanner) dan kamera digital.

Ø COMMUNICATION DIVACE
Perangkat komunikasi adalah perangkat keras yang mampu mentransmisikan sinyal analog atau digital melalui telepon, kabel komunikasi lain, atau secara nirkabel. Contoh terbaik dari perangkat komunikasi adalah Modem komputer, yang mampu mengirim dan menerima sinyal untuk memungkinkan komputer untuk berbicara dengan komputer lain melalui telepon. Contoh lain dari perangkat komunikasi termasuk kartu antarmuka jaringan (NIC), perangkat Wi-Fi, dan titik akses
Di bawah ini adalah daftar lengkap semua jenis perangkat komunikasi yang mungkin Anda temui ketika berhadapan dengan komputer.

    1.  Perangkat Bluetooth

 Bluetooth adalah spesifikasi industri komputasi dan telekomunikasi yang menggambarkan bagaimana perangkat seperti ponsel, komputer, atau asisten digital pribadi dapat berkomunikasi satu sama lain.
            Bluetooth adalah teknologi RF yang beroperasi pada 2,4 GHz, memiliki jangkauan efektif 32-kaki (10 meter) (rentang ini dapat berubah tergantung pada kelas daya), dan memiliki kecepatan transfer 1 Mbps dan throughput 721 Kbps.

     2. Perangkat inframerah

 Metode mentransfer data tanpa menggunakan kabel. Contoh umum perangkat inframerah (Ir) adalah remote TV. Namun, inframerah juga digunakan dengan komputer dan perangkat seperti keyboard atau mouse tanpa kabel. Gambar adalah contoh dari remote Nintendo Wii dan contoh perangkat inframerah.

3.  Modem (melalui saluran telepon)

Modem disebut sebagai perangkat asynchronous, yang berarti bahwa perangkat mentransmisikan data dalam aliran intermiten paket-paket kecil. Setelah diterima, sistem penerima kemudian mengambil data dalam paket dan merangkai kembali ke dalam bentuk yang dapat digunakan komputer.

   4. Kartu jaringan (menggunakan Ethernet)

 Kartu jaringan dapat berkomunikasi satu sama lain melalui jaringan yang sama menggunakan sakelar jaringan atau jika hanya dua komputer yang memiliki koneksi langsung. Jika komputer di jaringan Anda harus terhubung ke jaringan yang berbeda (mis., Internet) mereka harus terhubung ke router yang memungkinkan jaringan berkomunikasi satu sama lain.

    5.  Smartphone
 Ponsel cerdas adalah ponsel yang memungkinkan Anda melakukan lebih dari sekadar melakukan panggilan telepon dan mengirim pesan teks. Ponsel pintar dapat menjelajah Internet dan menjalankan program perangkat lunak dasar seperti komputer. Smartphone menggunakan layar sentuh untuk memungkinkan pengguna berinteraksi dengan mereka. Ada ribuan aplikasi ponsel pintar (program perangkat lunak), termasuk game, penggunaan pribadi, dan program penggunaan bisnis yang semuanya dapat dijalankan di telepon. Gambar adalah contoh dari iPhone Apple, salah satu smartphone paling populer yang tersedia saat ini.
6.    Perangkat Wi-Fi (menggunakan router Wi-Fi)
Singkat untuk Wireless Fidelity, Wi-Fi menggunakan salah satu standar nirkabel IEEE 802.11 untuk mencapai koneksi nirkabel ke jaringan. Jaringan nirkabel rumah menggunakan titik akses nirkabel atau router untuk menyiarkan sinyal menggunakan WAP atau enkripsi WEP untuk mengirim dan menerima sinyal dari perangkat nirkabel di jaringan. Gambar menunjukkan titik akses Nirkabel dengan dua antena dan contoh bagaimana sebagian besar pengguna rumahan terhubung ke Internet menggunakan perangkat nirkabel.







Nama : Anggun Dwi Oktavia
NIM : 180441100117
SISTEM INFORMASI 2018
KELAS D
https://www.computerhope.com/jargon/c/communication-devices.htm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Link

Menambah Link : 1.  Esty 2.  Iim 3.  elys 4.  Lina 5.  nisa