Ø
INPUT
DEVICE
Perangkat masukan atau input device
adalah perangkat keras yang berguna untuk memasukkan data atau perintah ke
dalam komputer. Alat input tidak bisa bekerja tanpa adanya software atau
perangkat lunak. Ada dua jenis perangkat masukan yaitu peralatan input langsung
(langsung diproses. Contoh: keyboard dan mouse) dan peralatan input tidak
langsung (harus melalui media tertentu. Contoh: harddisk dan flashdisk).
Keyboard (papan ketik)
adalah perangkat keras yang penuh dengan tombol-tombol yang mewakili hurup,
angka, karakter, dan beberapa fungsi tertentu. Keyboard komputer tentu saja
berbeda jauh dengan keyboard (alat musik) yang hanya berisi beberapa tombol
putih dan hitam yang mewakili nada tertentu. Terkadang keyboard juga dilengkapi
dengan trackpad untuk menggerakkan kursor. Kombinasi beberapa tombol keyboard
juga berguna untuk memberi suatu perintah shortcut pada komputer.
Contohnya shortcut
Ctrl+C yang berfungsi untuk memberi perintah copy (salin) pada komputer.
2. Mouse
Mouse
(tetikus) adalah perangkat keras yang mudah digenggam, umumnya berisi dua
tombol dan sebuah bola atau laser dibawahnya untuk menggerakan kursor (pointer).
Fungsi mouse adalah untuk menggerakan kursor, melakukan scroll (tidak
semua mouse), klik kiri, dan klik kanan. Gerakan kursor dalam keadaan default
selalu mengikuti arah perpindahan mouse.
3. Webcam
Webcam adalah perangkat keras berupa kamera kecil
yang biasa ditempatkan di atas monitor/LCD. Fungsi webcam adalah untuk
melakukan video call (panggilan video) dan bahkan juga dapat digunakan untuk
ber-selfie di depan komputer. Hampir setiap laptop keluaran saat ini
telah memiliki web cam.
4. Barcode Scanner
Barcode scanner adalah alat yang berupa gagangan
dan berisi laser berwarna merah untuk memindai barcode. Fungsinya adalah untuk
memindai barcode. Barcode adalah kode garis-garis yang biasa terdapat di
kemasan sebuah produk swalayan atau gudang perusahaan. Tujuannya adalah untuk
mempermudah kasir menghitung total belanjaan dan mempermudah karyawan untuk
mengecek isi gudang.
5. Joystick
Joystick adalah perangkat keras berbentuk seperti
tuas gigi mobil atau seperti stick konsol. Fungsi joystick adalah untuk bermain
game atau permainan pada komputer. Stick Xbox bisa digunakan sebagai joystick
pada komputer Windows karena sama-sama buatan Microsoft.
6. Scanner
Scanner adalah perangkat keras yang berfungsi
untuk mengubah data analog (kertas) menjadi data digital. Scanner yang
dikombinasikan dengan printer akan menjadi mesin fotocopy berukuran kecil.
Hasil scan biasanya berupa gambar atau file PDF.
7. Mikrofon
8. Pemindai Sidik Jari
Pemindai sidik jari atau fingerprint scanner
adalah perangkat keras yang dapat memindai sidik jari dan menampilkannya di
komputer. Pemindai sidik jari biasanya berfungsi sebagai alat pengaman komputer
atau sebagai salah satu mesin absensi.
9. Kinect
Kinect adalah salah satu merek dagang Microsoft
berupa sensor gerakan. Bentuknya mirip seperti webcam namun memiliki fungsi
yang lebih canggih lagi. Perangkat ini biasa digunakan untuk bermain game.
10. Flashdisk/CD ROM/DVD ROM/Harddisk
External
Perangkat penyimpanan
diatas merupakan perangkat masukan tidak langsung. Fungsinya sebagai perangkat
masukan adalah untuk memasukan data ke komputer. Data ini tidak dapat langsung
digunakan tanpa software tertentu.
https://hedisasrawan.blogspot.com/2015/05/10-macam-input-device-perangkat-masukan.html
Ø OUTPUT DEVICE
Output Device, adalah perangkat komputer yang berguna untuk menghasilkan
keluaran, apakah itu ke kertas (hardcopy), ke layar monitor (softcopy) atau
keluaran berupa suara. Contohnya printer, speaker, plotter, monitor dan banyak
yang lainnya.
Dari
penjelasan diatas dapat kita simpulkan bahwa
prinsip kerja komputer tersebut diawali memasukkan data dari perangkat input, lalu data tersebut diolah sedemikian rupa oleh CPU sesuai yang kita inginkan dan data yang telah diolah tadi disimpan dalam memori komputer atau disk. Data yang disimpan dapat kita lihat hasilnya melalui perangkat keluaran.
prinsip kerja komputer tersebut diawali memasukkan data dari perangkat input, lalu data tersebut diolah sedemikian rupa oleh CPU sesuai yang kita inginkan dan data yang telah diolah tadi disimpan dalam memori komputer atau disk. Data yang disimpan dapat kita lihat hasilnya melalui perangkat keluaran.
Output yang dihasilkan dari pemroses dapat digolongkan menjadi empat bentuk,
yaitu tulisan (huruf, angka, simbol khusus), image (dalam bentuk grafik atau
gambar), suara, dan bentuk lain yang dapat dibaca oleh mesin (machine-readable
form). Tiga golongan pertama adalah output yang dapat digunakan langsung oleh
manusia, sedangkan golongan terakhir biasanya digunakan sebagai input untuk
proses selanjutnya dari komputer.
Peralatan output dapat berupa:
Hard-copy
device, yaitu alat yang digunakan untuk mencetak tulisan dan image pada media
keras seperti kertas atau film.
Soft-copy
device, yaitu alat yang digunakan untuk menampilkan tulisan dan image pada
media lunak yang berupa sinyal elektronik.
Drive device
atau driver, yaitu alat yang digunakan untuk merekam simbol dalam bentuk yang
hanya dapat dibaca oleh mesin pada media seperti magnetic disk atau magnetic
tape. Alat ini berfungsi ganda, sebagai alat output dan juga sebagai alat
input.
Output
bentuk pertama sifatnya adalah permanen dan lebih portable (dapat dilepas dari
alat outputnya dan dapat dibawa ke mana-mana). Alat yang umum digunakan untuk
ini adalah printer, plotter, dan alat microfilm. Sedangkan output bentuk kedua
dapat berupa video display, flat panel, dan speaker. Dan alat output bentuk
ketiga yang menggunakan media magnetic disk adalah disk drive, dan yang menggunakan
media magnetic tape adalah tape drive.
1.MONITOR
Layar monitor juga disebut computer display,
visual display unit, atau monitor saja. Monitor adalah peralatan yang berfungsi
menampilkan gambar-gambar yang bisa dilihat, yang dihasilkan oleh komputer
tanpa merekamnya.
Layar
monitor saat ini lazimnya ditampilkan dalam dua buah bentuk, yaitu CRT (cathode
ray tube) atau Flat Panel seperti monitor TFT LCD.
Nama monitor
CRT berasal dari nama tabung yang terdapat di monitor. Bagian belakang tabung
tersebut memiliki katoda yang dimuati muatan negatif. Penembak elektron
mengeluarkan elektron ke bawah tabung kelayar yang bermuatan listrik yang akan
memendarkan cahaya jika dikenai elektron.Tiap kluster di layar memiliki tiga
warna, tiap satu warna disebut satu piksel.
Gambar di layar monitor biasanya terbuat dari 10%
titik-titik kecil yang berpendar sesuai dengan perintah dari komputer. Semakin
dekat jarak pikselnya akan semakin tajam gambar yang dihasilkan. Jarak antar
piksel yang terdapat di monitor disebut dot pitch, satuannya adalah milimeter.
Kebanyakan monitor CRT memiliki dot pitch sebesar 0,28 mm atau kurang. Adapun
monitor LCD adalah monitor yang tipis, dan ter-susun dari beberapa piksel warna
atau piksel monokrom yang dibariskan di depan sumber cahaya atau reflektor.
LCD sangat terkenal karena hemat energi dan sedikit
memakan tempat. Karena kehematannya, LCD bisa digunakan hanya dengan sumber
daya baterai.
hasil
pemrosesan data ataupun informasi masukan. Monitor memiliki berbagai ukuran
layar seperti layaknya sebuah televisi.
Tiap merek
dan ukuran monitor memiliki tingkat resolusi yang berbeda.
Resolusi ini
lah yang akan menentukan ketajaman gambar yang dapat ditampilkan pada layar
monitor.
Jenis-jenis monitor saat ini sudah sangat beragam, mulai dari bentuk yang besar
dengan layar cembung, sampai dengan bentuk yang tipis dengan layar datar
(flat).
2.PRINT
Printer atau pencetak adalah alat yang
menampilkan data dalam bentuk cetakan, baik berupa teks maupun gambar/grafik,
di atas kertas. Printer biasanya terbagi atas beberapa bagian, yaitu picker
sebagai alat mengambil kertas dari tray.
Tray ialah tempat menaruh kertas. Tinta atau toner
adalah alat pencetak sesungguhnya, karena ada sesuatu yang disebut tinta atau
toner yang digunakan untuk menulis pada kertas.
Perbedaan toner dan tinta ialah perbedaan sistem;
toner atau laser butuh pemanasan, sedangkan tinta atau inkjet tak butuh
pemanasan, hanya pembersihan atau cleaning pada print-head printer tersebut.
Ada pula kabel fleksibel untuk pengiriman sinyal dari
prosesor printer ke tinta atau toner. Kabel ini tipis dan fleksibel, namun
kuat. Pada bagian belakang printer biasanya ada port paralel atau USB untuk
penghubung ke komputer.
Pencetak
modem merupakan alat canggih. Perkakasan elektronik yang terdapat dalam sebuah
pencetak sama dengan perkakasan elektronik yang terdapat dalam komputer itu
sendiri. Pencetak mempunyai 6 jenis yaitu jenis Dot-Matrix, jenis Daisy Wheel,
jenis Ink-Jet / jenis Bubble Jet, jenis Chain, jenis Drum dan jenis Laser.
3.SPEAKER
Fungsi speaker pada komputer sama dengan
fungsi speaker pada perangkat audio sistem. Yang membedakan secara garis besar
hanyalah pada ukurannya. Speaker pada komputer dibuat seefisien mungkin agar
tidak terlalu memerlukan banyak tempat. Namun pada pengguna tertentu terkadang
menghubungkan output sound mereka pada perangkat speaker lainnya untuk lebih
memberikan kepuasan yang lebih.
Plotter secara prinsip memiliki fungsi
yang sama dengan printer. Yang membedakan secara umum adalah ukuran dan
peruntukan dari plotter tersebut. Plotter mampu mencetak pada kertas dengan
ukuran A0, dan biasanya digunakan untuk mencetak peta dan gambar ukuran besar
lainnya.Plotter juga mengalami perkembangan yang cukup pesat,
yang dimulai hanya dengan menggunakan pena sebagai alat cetak, hingga saat ini
telah menggunakan inkjet dan bubuk tinta (Laserjet)
5.HEADPHONE
Ø
STORAGE DEVICE
Storage
devices pada sistem komputer adalah kata lain dari secondary storage. Fungsinya
untuk menyimpan data dan sistem operasi. Hard disk merupakan salah satu media
penyimpan data pada komputer yang terdiri dari kumpulan piringan magnetis yang
keras dan berputar, serta komponen-komponen elektronik lainnya.
Macam -
Macam Storage Device
1.
Floppy Disc
Floppy Disk
Drive yaitu suatu perangkat yang ada di dalam komputer sebagai asesoris dan
pelengkap yang dapat menyimpan data di dalam disket dengan kapasitas rendah.
Selain dapat menyimpan data didalam disket floppy disk juga dapat untuk booting
computer, di dalam computer terdapat maximal dua floppy disk yaitu flopy “A”
dan flopy “B” tetapi biasanya yang terpasang hanya flopy “A “ saja karena
kegunaan sangat terbatas.
2.
Zip drive
Zip drive adalah salah satu media
penyimpanan yang menggantikan floppy disk untuk kebutuhan akan kapasitas
penyimpanan yang lebih besar. ZIP drive memiliki kapasitas penyimpanan yang
tinggi, bersifat dapat dihapus (removable) dan dapat menyimpan 100 MB data.
Akan tetapi Zip drive ini tidak bisa membaca/menulis tipe floppy disk
sebelumnya (5 ¼ inch dan 3 ½ inch).
3.
Magnetic Tape
Magnetic Tape Suatu media perekam
terdiri dari tape yang tipis dengan lapisan bahan magnetis yang bagus,
digunakan untuk merekam data analog atau data digital. Data disimpan dalam
frame. Frame dikelompokkan ke dalam blok atau record terpisah. Magnetic tape
adalah suatu media akses serial, serupa untuk kaset audio, dan juga data
(seperti nyanyian pada tape musik) tidak bisa ditempatkan dengan cepat.
4.
Hard Disc
Hard disk
merupakan salah satu media penyimpan data pada komputer yang terdiri dari
kumpulan piringan magnetis yang keras dan berputar, serta komponen-komponen
elektronik lainnya. Hard disk menggunakan piringan datar yang disebut dengan
platter, yang pada kedua sisinya dilapisi dengan suatu material yang dirancang
agar bisa menyimpan informasi secara magnetis.Platter-platter tersebut disusun
dengan melubangi tengahnya dan disusun pada suatu spindle. Platter berputar
dengan kecepatan yang sangat tinggi yang dikendalikan oleh spindle motor yang
terhubung pada spindle. Alat elektromagnetik baca tulis khusus yang bernama
head terpasang pada slider dan digunakan untuk menyimpan informasi ke dalam
piringan atau membacanya.
5.
Compact Disc (CD ROM)
CD-ROM
(singkatan dari Compact Disc – Read Only Memory) adalah sebuah piringan kompak
dari jenis piringan optik (optical disc) yang dapat menyimpan data. Ukuran data
yang dapat disimpan saat ini bisa mencapai 700MB atau 700 juta bita.CD-ROM
bersifat read only (hanya dapat dibaca, dan tidak dapat ditulisi). Untuk dapat
membaca isi CD-ROM, alat utama yang diperlukan adalah CD Drive. Perkembangan
CD-ROM terkini memungkinkan CD dapat ditulisi berulang kali (Re Write / RW) yang
lebih dikenal dengan nama CD-RW.
6. Flash Disc
USB flash drive adalah alat penyimpanan data memori flash tipe NAND yang memiliki alat penghubung USB yang terintegrasi. Flash drive ini biasanya berukuran kecil, ringan, serta bisa dibaca dan ditulisi dengan mudah.USB flash drive memiliki banyak kelebihan dibandingkan alat penyimpanan data lainnya, khususnya disket atau cakram padat. Alat ini lebih cepat, kecil, dengan kapasitas lebih besar, serta lebih dapat diandalkan (karena tidak memiliki bagian yang bergerak) daripada disket.
7. SSD
SSD yang merupakan singkatan dari solid-state
drive, adalah media penyimpanan data yang menggunakan memori (nonvolatile
memory) sebagai media, dan tidak menggunakan disk magnetis seperti disk hardisk
konvensional. Berbeda dengan memori (volatile memory) (misalnya RAM), data yang
tersimpan pada SSD tidak akan hilang meskipun daya listrik tidak ada. SSD ini
lebih mirip seperti memori pada HP yaitu micro SD dan kawan-kawannya. Hanya
saja bentuk san kapasitasnya yang membesar.
8. SSHD
SSHD adala inovasi menggabungkan SSD dan HDD menjadi satu perangkat. Tujuan utamanya adalah menekan harga mahalnya SSD dan meningkatkan kecepatan baca HDD. Jadi SSHD ini memiliki kecepatan seperti SSD namun memiliki keleluasaan ruang seluas HDD. Perangkat ini di tujukan untuk kamu yang memiliki budget terbatas untuk upgrade HDD ke SSD.
https://dtechnoindo.blogspot.com/2016/09/pengertian-dan-macam-macam-storage.html
Ø
SOFTWARE
Software atau parangkat
lunak adalah program komputer yang merupakan suatuinstruksi yang harus
diberikan kepada unit pengolah agar komputer dapatmenjalankan pekerjaan sesuai
dengan yang dikehendaki.Program tersebut ditulisdalam bahasa khusus yang
dimengerti oleh mesin.Perangkat lunak dalampenggunaannya dapat diklasifikasikan
menjadi 5 macam, Yaitu:
1. Sistem operasi (Operasi system)
2. Program Utilitas (utilities Program)
3. Program Aplikasi (Aplikasi Program)
4. Program paket (Package Program)
5. Bahana pemprograman (Programming Language)
Beberapa perusahaan yang ikut bergabung untuk membentuk standar dan teknikuntuk dunia komputer mikro yang dikenal ISA (Industry Standard Architecture)maupun EISA (Enhanched Industry Standard Architecture) antara lain:
1. COMPAQ Computer
2. Advanced Logic Research (ALR)
3. AST Research
4. EPSON Amerika
5. Everex Systems
6. Hewlett Packard
7. Olivetti
8. Micronics
9. Nippon Electric Corporation (NEC)
10. TANDY Computers
11. WYSE Tevhnology
12. Zenith Corporation
Ada beberapa jenis perangkat lunak, antara lain:
1. Software system
Perangkat lunak system dibagi dalam 3 bagian:
a. Sistem operasi
Perangkat sistem operasi merupakan bagian terpenting di dalam menjalankan suatuperangkat komputer. Sistem operasi merupakan perangkat lunak yang menjembataniantara pengguna dan perangkat keras. Ada beberapa jenis sistem operasi diantaranya Windows, DOS, Linux, dan lain sebagainya. Saat ini untuk komputer jenis PC banyak menggunakan sistem operasi Windows
b. Program Bantu (utility)
Merupakan suatu program yang berfungsi untuk membantu sistem operasi seperti yang dijelaskan di atas,seperti:anti virus, defragmenter, format disket,periksasistem, dan sebagainya.
c. Bahasa Pemrograman
Merupakan suatu aplikasi yang berguna mengonversi perhitungan yang bersifatmatematis menjadi suatu aplikasi.Sebagai contoh bahasa pemrograman bahasaBASIC, COBOL. C++ dan sebagainya.
2. Perangkat lunak aplikasi
Merupakan perangkat yang berfungsi untuk melakukan berbagai bentuk tugasperkantoran seperti pengolah kata, lembar kerja, presentasi, pengolahan halamanweb, hingga perangkat media player,dan sebagainya. Hal ini sudah berkembang sejaksistem operasi tersebut dikembangkan.
Software Aplikasi dapat dikelompokkan dalam beberapa bagian, yaitu:
a. Pengolahan kata (word Processor)
Berfungsi untuk melakukan pengolahan kata,yaitu pekerjaan yang berhubungandengan naskah dan berbagai macam administrasi surat-menyurat.
Contoh: Wordstar,Microsoft Word, Amipro, Word Perfect.
b. Pengolah Angka (Spread Sheet)
Berfungsi untuk melakukan pekerjaan yang banyak berhubungan dengan angka-angka,seperti penggunaan perhitungan, laporan keuangan, dan grafik.
Contoh:Lotus 123,Quatro Pro, Microsoft Excel, Symphony, Super Calc.
c. Pengolah data (Data base)
Berfungsi untuk melakukan pengolahan data.Data tersebut dapat berupa angka, kataatau gabungan angka dan kata.
Contoh:dBase, Fox Base, Fox Pro, Clipper, MicrosoftAccess, Visual Fox Pro, Paradox dan lain sebagainya.
d. Multimedia
Contoh aplikasi multimedia adalah Winamp, Audio Pro untuk memutar musikberformat MP3 atau CD Audio.Kemudian RealPlayer, Xing, atau Jet Audio yang dapatdigunakan untuk menonton film atau VCD.
e. Komunikasi dan Internet
Untuk melakukan komunikasi antar computer antara dua computer ataulebih,contohnya adalah Lap Link, PC Anywhere, Procom Plus.Aplikasi internet yangumum digunakan adalah untuk browsing, e-mail, chatting dan messengerseperti:Internet Explorer, Opera, MIRC, ICQ.
f. Pendidikan dan Game
Software untuk membantu memahami sesuatu pelajaran banyak dikemas dalambentuk game dengan tujuan agar tidak membosankan, contohnya adalah:PC Globe,Bodyworks, Science Adventure, Reader Rabbit, dan lain-lain.
g. Perancangan Gambar
Aplikasi yang bersifat khusus di antaranya untuk membantu pekerjaan Engineerseperti AutoCAD (gambar struktur), Protel (gambar rangkaian elektronik), Matlab(pemroses dan visualisasi persamaan matematis), Photos Shop (mengolah gambar),dan Flash (untuk membuat halaman WEB), dan lainnya.
h. Anti Virus
Software untuk membasmi virus dari perangkat penyimpan computer, contoh:Mc Afee, Norton Anti Virus, Panda, dan lainnya.Virus adalah software yang dibuat untuk merusak data atau program computer, contohnya adalah:PC Brain,Hackers, My Heart, Pepsin,Bagle, MyDoom dan lainnya.
1. Sistem operasi (Operasi system)
2. Program Utilitas (utilities Program)
3. Program Aplikasi (Aplikasi Program)
4. Program paket (Package Program)
5. Bahana pemprograman (Programming Language)
Beberapa perusahaan yang ikut bergabung untuk membentuk standar dan teknikuntuk dunia komputer mikro yang dikenal ISA (Industry Standard Architecture)maupun EISA (Enhanched Industry Standard Architecture) antara lain:
1. COMPAQ Computer
2. Advanced Logic Research (ALR)
3. AST Research
4. EPSON Amerika
5. Everex Systems
6. Hewlett Packard
7. Olivetti
8. Micronics
9. Nippon Electric Corporation (NEC)
10. TANDY Computers
11. WYSE Tevhnology
12. Zenith Corporation
Ada beberapa jenis perangkat lunak, antara lain:
1. Software system
Perangkat lunak system dibagi dalam 3 bagian:
a. Sistem operasi
Perangkat sistem operasi merupakan bagian terpenting di dalam menjalankan suatuperangkat komputer. Sistem operasi merupakan perangkat lunak yang menjembataniantara pengguna dan perangkat keras. Ada beberapa jenis sistem operasi diantaranya Windows, DOS, Linux, dan lain sebagainya. Saat ini untuk komputer jenis PC banyak menggunakan sistem operasi Windows
b. Program Bantu (utility)
Merupakan suatu program yang berfungsi untuk membantu sistem operasi seperti yang dijelaskan di atas,seperti:anti virus, defragmenter, format disket,periksasistem, dan sebagainya.
c. Bahasa Pemrograman
Merupakan suatu aplikasi yang berguna mengonversi perhitungan yang bersifatmatematis menjadi suatu aplikasi.Sebagai contoh bahasa pemrograman bahasaBASIC, COBOL. C++ dan sebagainya.
2. Perangkat lunak aplikasi
Merupakan perangkat yang berfungsi untuk melakukan berbagai bentuk tugasperkantoran seperti pengolah kata, lembar kerja, presentasi, pengolahan halamanweb, hingga perangkat media player,dan sebagainya. Hal ini sudah berkembang sejaksistem operasi tersebut dikembangkan.
Software Aplikasi dapat dikelompokkan dalam beberapa bagian, yaitu:
a. Pengolahan kata (word Processor)
Berfungsi untuk melakukan pengolahan kata,yaitu pekerjaan yang berhubungandengan naskah dan berbagai macam administrasi surat-menyurat.
Contoh: Wordstar,Microsoft Word, Amipro, Word Perfect.
b. Pengolah Angka (Spread Sheet)
Berfungsi untuk melakukan pekerjaan yang banyak berhubungan dengan angka-angka,seperti penggunaan perhitungan, laporan keuangan, dan grafik.
Contoh:Lotus 123,Quatro Pro, Microsoft Excel, Symphony, Super Calc.
c. Pengolah data (Data base)
Berfungsi untuk melakukan pengolahan data.Data tersebut dapat berupa angka, kataatau gabungan angka dan kata.
Contoh:dBase, Fox Base, Fox Pro, Clipper, MicrosoftAccess, Visual Fox Pro, Paradox dan lain sebagainya.
d. Multimedia
Contoh aplikasi multimedia adalah Winamp, Audio Pro untuk memutar musikberformat MP3 atau CD Audio.Kemudian RealPlayer, Xing, atau Jet Audio yang dapatdigunakan untuk menonton film atau VCD.
e. Komunikasi dan Internet
Untuk melakukan komunikasi antar computer antara dua computer ataulebih,contohnya adalah Lap Link, PC Anywhere, Procom Plus.Aplikasi internet yangumum digunakan adalah untuk browsing, e-mail, chatting dan messengerseperti:Internet Explorer, Opera, MIRC, ICQ.
f. Pendidikan dan Game
Software untuk membantu memahami sesuatu pelajaran banyak dikemas dalambentuk game dengan tujuan agar tidak membosankan, contohnya adalah:PC Globe,Bodyworks, Science Adventure, Reader Rabbit, dan lain-lain.
g. Perancangan Gambar
Aplikasi yang bersifat khusus di antaranya untuk membantu pekerjaan Engineerseperti AutoCAD (gambar struktur), Protel (gambar rangkaian elektronik), Matlab(pemroses dan visualisasi persamaan matematis), Photos Shop (mengolah gambar),dan Flash (untuk membuat halaman WEB), dan lainnya.
h. Anti Virus
Software untuk membasmi virus dari perangkat penyimpan computer, contoh:Mc Afee, Norton Anti Virus, Panda, dan lainnya.Virus adalah software yang dibuat untuk merusak data atau program computer, contohnya adalah:PC Brain,Hackers, My Heart, Pepsin,Bagle, MyDoom dan lainnya.
Ø
SYSTEM UNIT
1. Motherboard
-Slot ISA (Industry Standard Architecture)
Slot ISA dapat digunakan untuk jenis card ISA 8 bit dan 16 bit.
-Slot PCI (Peripheral Component Interconnect)
Slot PCI dapat digunakan untuk jenis card PCI 32 bit.
-Slot AGP (Accelerated Graphic Port)
Digunakan khusus untuk card VGA 32 bit.
2. Prossesor
Prossesor merupakan otak dan pusat pengendali
komputer yg terhubung ke komponen lain sehingga dapat bekerja satu dengan yang
lainnya.
Adapun tugas prosesor antara lain:
1. Melaksanakan perintah – perintah yang diberikan oleh software
2. Mengontrol kerja sistem
3. Merespon sinyal – sinyal yang diberikan oleh perangkat input
4. Melakukan operasi/perhitungan aritmatik dan logika.
Prosesor terdiri dari 2 bagian utama, yaitu Arithmatic Logic Unit (ALU) dan Control Unit CU).
v Arithmatic Logic Unit (ALU)
ALU berfungsi untuk melaksanakan proses perhitungan aritmatik dan logika.
v Control Unit (CU)
Control Unit berfungsi untuk mengatur proses kerja komputer. Baik proses kerja di dalam CPU sendiri maupun dalam hubungannya dengan input – output device. Bagian ini mengatur dan mengendalikan proses agar komputer bekerja secara benar dan tepat.
3. Heatsink
Pada bagian atas prosesor biasanya dipasangi hetasink, yang berisi alumunium dan kipas (dan juga thermal grease). Fungsinya agar suhu prosesor tetap stabil. Jika hetasink mati, maka prosesor akan overheat sampai bersuhu ≤100°C.
4. RAM (Random Access
Memory)
RAM merupakan media penyimpan data yang bersifat sementara dan dapat diganti selama komputer menyala. Fungsi RAM juga sebagai penambah kecepatan akses komputer, semakin besar kapasitas penyimpanan RAM semakin cepat komputer bekerja.
Struktur RAM terbagi menjadi empat bagian utama, yaitu :
a. Input Storage, digunakan untuk menampung informasi/perintah yang dimasukkan melalui alat input.
b. Program Storage, digunakan untuk menyimpan semua instruksi – instruksi program yang akan diakses (processes).
c. Working Storage, digunakan untuk menyimpan data yang akan diolah dan hasil pengolahan.
d. Output Storage, digunakan untuk menampung hasil akhir dari pengolahan data yang akan ditampilkan ke alat output.
5. VGA Card
VGA Card berfungsi untuk menghubungkan dan mengolah output yang berupa data ke monitor, agar dapat ditampilkan oleh monitor. Peningkatan kualitas CPU secara keseluruhan juga amat bergantung kepada jenis VGA card yang digunakan. Jika komputer hanya digunakan sebatas dokumen pengolahan data, operasi pada spreadsheet atau untuk “surfing” internet, jenis dan kualitas VGA yang “biasa-biasa saja” sudah memadai. Tetapi jika komputer banyak digunakan untuk aplikasi 3D berat atau bermain game dengan kualitas gambar yang tinggi, maka kualitas VGA card mutlak diperlukan. Contoh merek VGA card adalah nVIDIA, ATI Radeon, dan Gigabyte.
6. Sound Card
Sound
card berfungsi untuk memproses output
berupa suara dan musik yang kemudian
diteruskan kepada speaker. Sound card juga
dapat digunakan sebagai alat input untuk joystick
yang digunakan untuk bermain game. Perkembangan
sound card juga semakin berkembang dari
tahun ke tahun. Saat ini sound card bukan
hanya digunakan untuk bermain game, tetapi
juga menyemarakkan aplikasi-aplikasi multimedia,
seperti ensiklopedia, program pendidikan dan
pengajaran dan program presentasi. Bahkan
saat ini sound card dapat dimanfaatkan
untuk penggunaan komunikasi seperti telepon
VoIP (Voice over Internet Protocol),
Teleconverencing dan lain-lain. Secara umum,
pemilihan sound card bergantung pada kemampuan
pemrosesan suara (16 bit atau 32 bit),
jenis suara (analog atau digital) dan
support terhadap speaker (stereo atau surround).
Kartu Jaringan atau disebut dengan
istilah NIC (Network Interface Card) atau LAN Card atau Etherned Card merupakan
perangkat yang menyediakan media untuk menghubungkan antar komputer. Kebanyakan
Kartu Jaringan berjenis kartu internal, yaitu kartu jaringan yang di pasang
pada slot ekspansi di dalam komputer.
Network Interface Card (NIC) / Kartu Jaringan memiliki dua fungsi utama , yaitu:
a. Peranti yang menyambungkan kabel jaringan dengan komputer.
b. Peranti yang menyediakan pengalamatan secara fisik. Artinya kartu jaringan memiliki kode tertentu yang unik.
Kartu jaringan merupakan salah satu perangkat jaringan yang bekerja pada layer Physical dan Data Link, yang menghubungkan komputer dengan perangkat jaringan lainnya yang umumnya berupa Switch LAN. Kartu LAN ini dikoneksikan ke Switch melalui media kabel jaringan, yang umum sekarang ini adalah kabel UTP (Unshielded Twisted Pair).
Power Supply berfungsi untuk
menyalurkan listrik ke peralatan komputer yang ada di dalam casing. Power
Supply memiliki 5 atau lebih konektor yang dapat disambungkan ke
peralatan komputer. untuk Power Supply jenis AT mempunyai 2 konektor (12
kabel, 6 kabel untuk 1 konektor P8 dan 6 kabel untuk 1 konektor P9), untuk
jenis ATX mempunyai 20 kabel untuk 1 konektor yang akan ditancapkan pada
motherboard. Power Supply jenis ATX tombol on/off nya dikendalikan langsung
dari motherboard menggunakan tombol Power yang terdapat pada panel depan
casing.
Optical drive biasa juga dikenal
dengan nama CD Drive, DVD Drive atau ODD. Fungsi dari perangkat ini adalah
untuk membaca dan juga menyimpan data dari dan ke media cakram optik seperti CD
, DVD, atau Blu-Ray Disc.
10. HardDisk
Ø COMMUNICATION DIVACE
Perangkat komunikasi
adalah perangkat keras yang mampu mentransmisikan sinyal analog atau digital
melalui telepon, kabel komunikasi lain, atau secara nirkabel. Contoh terbaik
dari perangkat komunikasi adalah Modem komputer, yang mampu mengirim dan
menerima sinyal untuk memungkinkan komputer untuk berbicara dengan komputer
lain melalui telepon. Contoh lain dari perangkat komunikasi termasuk kartu
antarmuka jaringan (NIC), perangkat Wi-Fi, dan titik akses
Di bawah ini adalah daftar lengkap semua jenis
perangkat komunikasi yang mungkin Anda temui ketika berhadapan dengan komputer.
1. Perangkat Bluetooth
Bluetooth
adalah teknologi RF yang beroperasi pada 2,4 GHz, memiliki jangkauan efektif
32-kaki (10 meter) (rentang ini dapat berubah tergantung pada kelas daya), dan
memiliki kecepatan transfer 1 Mbps dan throughput 721 Kbps.
2. Perangkat inframerah
3.
Modem (melalui saluran telepon)
Modem disebut sebagai
perangkat asynchronous, yang berarti bahwa perangkat mentransmisikan data dalam
aliran intermiten paket-paket kecil. Setelah diterima, sistem penerima kemudian
mengambil data dalam paket dan merangkai kembali ke dalam bentuk yang dapat
digunakan komputer.
4. Kartu jaringan (menggunakan Ethernet)
5. Smartphone
6.
Perangkat
Wi-Fi (menggunakan router Wi-Fi)
Singkat untuk Wireless
Fidelity, Wi-Fi menggunakan salah satu standar nirkabel IEEE 802.11 untuk
mencapai koneksi nirkabel ke jaringan. Jaringan nirkabel rumah menggunakan
titik akses nirkabel atau router untuk menyiarkan sinyal menggunakan WAP atau
enkripsi WEP untuk mengirim dan menerima sinyal dari perangkat nirkabel di
jaringan. Gambar menunjukkan titik akses Nirkabel dengan dua antena dan contoh
bagaimana sebagian besar pengguna rumahan terhubung ke Internet menggunakan
perangkat nirkabel.
Nama
: Anggun Dwi Oktavia
NIM
: 180441100117
SISTEM
INFORMASI 2018
KELAS
D
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar